2 Feb 2013

VISI MISI DINIYAH AL-HIKAMUS SALAFIYYAH



MUQADDIMAH

Puji syukur Alhamdulillah, atas segala berkah, rahmah dan hidayah serta innayah-Nya, Dalam upaya menjawab perkembangan zaman di masa depan, khususnya di wilayah Desa Sukapura, dibutuhkan lembaga keagamaan yang terprogram baik, maka Yayasan Al-Hikamus Salafiyyah mendirikan Madrasah Diniyyah Takmiliyyah Al-Hikamus Salafiyyah. Hal ini dikuatkan dengan diterbitkannya surat izin operasional dari Kementrian Agama Kabupaten Bandung pada tanggal 31 juli 2007 dengan nomor SK Kd.10.4/IV/PP.00.8/467/2007 dengan nomor statistik Madrasah (NSM) : 311.2.32.04.272
Diakui atau tidak, perkembangan zaman yang terjadi sekarang ini telah membuat anak-anak pada masa kini telah semakin meninggalkan pendidikan agama dalam kehidupan sehari - harinya.
Namun ditengah berbagai kesulitan yang ada kami tak pernah berhenti berharap bahwa keberadaan Madrasah Diniyah Al-Hikamus Salafiyyah mampu memberikan warna tersendiri dalam kehidupan masyarakat, dimulai dari yang terkecil, memberikan pendidikan akhlak kepada para santri, melatih jiwa kepemimpinan, serta berbagai pendidikan dasar ilmu keagamaan yang insyaallah akan berguna bagi perkembangan mereka di masa depan.
Demikianlah sekilas tentang Madrasah Diniyah Al-Hikamus Salafiyyah, semoga dari tulisan yang sangat singkat ini semakin membuka wawasan kita akan pentingnya pendidikan agama bagi putri/putri kita.

VISI :
Menjadikan Madrasah Diniyah Al Hikamus Salafiyyah sebagai tempat Tafaquh Fid-Din dan Publik Servis yang mengedepankan pencitraan ajaran agama Islam yang Rohmatan Lil ‘Alamin serta meningkatkan Sumber Daya Manusia yang Bertaqwa Cerdas, Kreatif, Inofatif sebagai kader Islam.

MISI :

Ikut serta menyelenggarakan pendidikan, pengajaran dan mengembangkan agama Islam guna membentuk kepribadian seorang muslim sebagai kader Islam yang utuh, berwawasan luas yang memadukan antara ilmu, dan amal.

TUJUAN MADRASAH AL HIKAMUS SALAFIYYAH
1.  Madrasah Diniyyah Takmiliyah Al Hikamus Salafiyyah mempersiapkan generasi Muslim yang kaffah, berahlaqul karimah, cakap dan terampil, percaya diri dan berguna bagi nusa bangsa dan agama.
2.  Memberikan bekal kemampuan dasar agama islam kepada siswa untuk mengembangkan kehidupan sebagai pribadi muslim yang beriman, bertaqwa dan beramal sholih serta berahlaq mulia.
3.  Membina santri agar memiliki pengalaman, pengetahuan, ketrampilan beribadah dan sikap terpuji yang berguna untuk pengembangan pribadinya.
4.  Memiliki pengetahuan dasar tentang gramatika bahasa Arab sebagai alat untuk memahami ajaran agama islam.

BAI’AT DT AL HIKAMUS SALAFIYYAH
Sebagai pernyataan selaku muslim, bai’at Madrasah Diniyyah Al Hikamus Salafiyyah adalah “dua kalimah syahadat “ yang berbunyi :
“Asyhadu Anlaa i laaha Illallaah.
 Wa Asyhadu Anna Muhammadar Rasulullah”

Artinya :  Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah.  Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad utusan Allah
(I declare that there is no God but Allah. And I declare that Prophet Muhammad is Allah’s Messenger)


MOTTO :

Motto Madrasah Diniyyah Al Hikamus Salafiyyah
1.  Motto Umum:
AI-Quran dan Al Hadits Inspirasi Kemajuan umat.
2.  Motto Khusus :
Man jadda wa jada.
(Barang siapa yang sungguh-sungguh akan menui hasil)



WAKTU KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR:
Hari Senin s.d. jumat
Dari pukul 14.00 s.d pukul 20.00
(Waktu belajar disesuaikan dengan kegiatan sekolah dasar)

KURIKULUM
Kurikulum Acuan DT Al-Hikamus Salafiyyah adalah Kurikulum yang diberikan oleh Kementrian Agama Kabupaten Bandung ditambah dengan materi muatan lokal Yayasan,

MATA PELAJARAN YANG DI AJARKAN

1.   Al-Quran          6.   Tajwid
2.   Al- Hadits         7.   Tarikh Islam/S K I
3.   Fiqih                 8.   Bahasa Arab
4.   Aqidah              9.   B T Q
5.   Akhlak              10. Nahwu & Shorof




Dan hendaklah takut kepada Alloh orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap kesejahteraan mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Alloh dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.”










Sekretariat :
Jl. Adhyaksa 1 No 4 RT 1 RW 5
Desa Sukapura Kec. Dayeuhkolot

1 komentar:

  1. semoga menjadi wadah untuk mengembangkan santri, melahirkan generasi islam, yg melajutkan ajaran para salaf sholih amin

    BalasHapus