AMALAN MALAM NISHFU SYA'BAN DAN
FADHILAHNYA
Dikutip dari buku al-Fawaaidul Mukhtaaroh
Diceritakan bahwa Ibnu Abiy as-Shoif al-Yamaniy berkata,
“Sesungguhnya bulan Sya’ban adalah bulan sholawat kepada Nabi saw, karena ayat
Innallooha wa malaaikatahuu yusholluuna ‘alan Nabiy … diturunkan pada bulan
itu. (Ma
Dza Fiy Sya’ban?)
Tuanku
Kanjeng Syaikh‘Abdul Qadir al-Jailaniy berkata, “Malam Nishfu Sya’ban adalah
malam yang paling mulia setelah Lailatul Qodr.” (Kalaam Habiib ‘Alwiy bin
Syahaab)
Konon
Sayidina Ali bin Abi Tholib Karromalloohu Wajhah meluangkan waktunya untuk
ibadah pada 4 malam dalam setahun, yakni: malam pertama bulan Rojab, malam 2
hari raya, dan malam Nishfu Sya’ban. (Manhajus Sawiy dan Tadzkiirun
Nas)
Al-Imam
As-Subkiy.rhm berkata, bahwa malam Nishfu Sya’ban menghapus dosa setahun, malam
Jum’at menghapus dosa seminggu, dan Lailatul Qodr menghapus dosa seumur hidup.
Diriwayatkan
kapadaku bahwa Sahabat Nabi Usamah bin Zaid.ra berkata kepada Nabi SAW, “Ya
Rasulullah, aku belum pernah melihat engkau berpuasa di bulan lain lebih banyak
dari puasamu di bulan Sya’ban.”
Kata
Nabi, “Bulan itu sering dilupakan orang, karena diapit oleh bulan Rajab dan
Ramadhan,padahal pada bulan itu, diangkat amalan-amalan (dan dilaporkan) kepada
Tuhan Rabbil Alamin.Karenanya, aku ingin agar sewaktu amalanku dibawa naik, aku
sedang berpuasa.” (HR Ahmad dan Nasai - Sunah Abu Dawud).
Adapun
keutamaan bulan Sya’ban lainnya akan lebih jelas lagi dalam hadis-hadis
berikut:
Hadis
Pertama
Aisyah RA bercerita bahwa pada suatu malam dia kehilangan
Rasulullah SAW, ia keluar mencari dan akhirnya menemukan beliau di pekuburan
Baqi’, sedang menengadahkan wajahnya ke langit. Beliau berkata,
“Sesungguhnya Allah Azza Wajalla turun ke langit dunia pada malam Nishfu
Sya’ban dan mengampuni (dosa) yang banyaknya melebihi jumlah bulu domba Bani
Kalb.”(HR Turmudzi, Ahmad dan Ibnu Majah)
Hadis
Kedua
Diriwayatkan oleh Abu Musa Al-Asy’ari RA bahwa Rasulullah
SAW bersabda, “ “Sesungguhnya Allah pada malam Nishfu Sya’ban mengawasi seluruh
mahluk-Nya dan mengampuni semuanya kecuali orang musyrik atau orang yang
bermusuhan.”(HR Ibnu Majah)
Hadis
Ketiga
Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib KW bahwa Rasulullah
SAW bersabda, “Jika malam Nishfu Sya’ban tiba, maka salatlah di malam hari, dan
berpuasalah di siang harinya, karena sesungguhnya pada malam itu, setelah
matahari terbenam, Allah turun ke langit dunia dan berkata, ‘Adakah
yang beristighfar kepada Ku, lalu Aku mengampuninya, Adakah yang memohon
rezeki, lalu Aku memberinya rezeki , adakah yang tertimpa bala’, lalu Aku
menyelamatkannya, adakah yang begini (2x), demikian seterusnya hingga terbitnya
fajar.”(HR Ibnu Majah).
PENGERTIAN SYA'BAN
Bulan Sya’ban merupakan bulan kedua
setelah bulan Rajab. Bulan Sya’ban juga merupakan bulan yang penuh dengan keberkatan.
Sebahagian ahli hikmah menyatakan bahawa sesungguhnya bulan Rajab adalah
kesempatan untuk meminta ampun dari segala dosa, dan pada bulan Sya’ban adalah
kesempatan untuk memperbaiki diri dari segala macam cela dan pada bulan
Ramadhan adalah masa untuk menerangkan hati dan jiwa.
Sya’ban diartikan sebagai
berpecah-pecah atau Dikatakan masyarakat Quraisy pada waktu itu berpecah kepada
beberapa kumpulan untuk mencari sumber air di padang pasir. Dan apabila
datangnya Rasulullah S.A.W, baginda mengekalkan nama itu hingga sekarang.
Rasulullah S.A.W telah menyebut tentang pelbagai kelebihan bulan Sya’ban dalam
hadis-hadisnya. Diantara hadis yang paling masyhur ialah; Rasulullah S.A.W
bertanya kepada sahabat-sahabatnya;
“Tahukah kamu sekelian mengapa dinamakan
dengan bulan Sya’ban?” Para sahabat menjawab, “Allah dan RasulNya lebih
mengetahui” Sabda Rasulullah S.A.W, “Kerana dalam bulan itu berkembanglah
kebaikan yang banyak sekali.” (Dipetik dari kitab Raudatul Ulama)
MALAM NISFU SYA'BAN
Nisfu dalam bahasa arab berarti
setengah. Nisfu Sya'ban bererti setengah bulan Sya’ban. Malam Nisfu Sya'ban
adalah malam lima-belas Sya’ban iaitu siangnya empat-belas haribulan Sya'ban.
Maka, Nisfu Sya'ban adalah peristiwa hari ke-15 dalam bulan Sya’ban tahun
Hijrah. Umat Islam mempercayai yang pada malam Nisfu Sya'ban, amalan akan
dibawa naik oleh malaikat untuk ditukar dengan lembaran amalan yang baru
setelah setahun berlalu.
Nabi Muhammad s.a.w. menggalakkan
umatnya untuk bangun malam dan berjaga serta beriktikaf sepanjang malam kerana
tidak mahu amalan diangkat dalam keadaan tidur atau lalai. Malam Nisfu Sya'ban
merupakan malam yang penuh berkat dan rahmat selepas malam Lailatul qadr.
Saiyidatina Aisyah r.a. meriwayatkan bahawa Nabi S.A.W tidak tidur pada malam
itu sebagaimana yg tersebut dalam sebuah hadis yg diriwayatkan oleh Imam
Al-Baihaqi r.a: “Rasulullah S.A.W telah bangun pada malam (Nisfu Sya'ban) dan
bersembahyang dan sungguh lama sujudnya sehingga aku fikir beliau telah wafat.
Apabila aku melihat demikian aku mencuit ibu jari kaki Baginda S.A.W dan
bergerak. Kemudian aku kembali dan aku dengar Baginda S.A.W berkata dlm
sujudnya, “Ya Allah aku pohonkan kemaafanMu daripada apa yg akan diturunkan dan
aku pohonkan keredhaanMu daripada kemurkaanMu dan aku berlindung kpdMu
daripadaMu. Aku tidak dapat menghitung pujian terhadapMu seperti kamu memuji
diriMu sendiri.” Baginda Rasulullah sendiri telah menggalakkan kita agar
beramal pada malam kemuliaan nisfu sya'ban dengan sabdanya :
Artinya : “ Apabila tiba malam Nisfu
Sya’ban , maka hendaklah kalian bangun pada malamnya (melakukan ibadat) dan
berpuasa pada siangnya, ini kerana Allah swt (turun merahmati hamba-hambaNya)
pada malam tersebut mulai dari terbenamnya matahari ke langit dunia. Allah swt
berfirman ” Adakah dari kalangan hamba-hambaKu yang memohon keampunan, maka
akan Ku ampunkannya. Adakah dari kalangan mereka yang memohon rezeki , maka
akan Ku turunkan rezeki untuknya. Adakah dari kalangan mereka orang yang
ditimpa bala, maka akan Ku sejahterakannya. Adakah dari kalangan mereka yang
begini dan adakah dari kalangan mereka yangt begini sehinggalah terbit Fajar “.
Setelah Baginda S.A.W selesai
sembahyang, Baginda berkata kpd Saiyidatina Aisyah r.a. “Malam ini adalah malam
Nisfu Sya'ban. Sesungguhnya Allah Azzawajjala telah datang kepada hambanya pada
malam Nisfu sya'ban dan memberi keampunan kepada mereka yang beristighfar,
memberi rahmat ke atas mereka yang memberi rahmat dan melambatkan rahmat dan
keampunan terhadap orang2 yang dengki.”
Hari nisfu Sya'ban adalah hari dimana
buku catatan amalan kita selama setahun diangkat ke langit dan diganti dengan
buku catatan yang baru. Catatan pertama yang akan dicatatkan dibuku yang baru
akan bermula pada masuk waktu maghrib, (15 Sya'ban bermula pada 14 hari bulan
Sya’ban ketika masuk maghrib).
Di antara amalan-amalan yang
digalakkan/dianjurkan pada bulan Sya'ban adalah :
Memperbanyakkan puasa sunat
Sebagaimana yang telah dijelaskan
terdahulu bahawa Rasulullah S.A.W lebih gemar untuk berpuasa sunat dalam bulan
Sya’ban berbanding dengan bulan-bulan yang lain. Justru itu adalah patut bagi
kita selaku umat Baginda mencontohinya dalam memperbanyakkan puasa sunat bagi
menyemarak dan mengagungkan bulan Sya'ban ini. Begitulah tingginya pekerti Nabi
Muhammad nabi junjungan kita.
Di dalam kitab Durratun Nasihin ada
menyebut sebuah hadis yang menyatakan bahawa Rasulullah S.A.W. bersabda yang
maksudnya: "Barangsiapa berpuasa tiga hari pada permulaan Sya'ban dan tiga
hari pada pertengahan Sya’ban dan tiga hari pada akhir Sya’ban, maka Allah Taala
mencatat untuknya pahala seperti pahala tujuh puluh nabi dan seperti
orang-orang yang beribadat kepada Allah Taala selama tujuh puluh tahun dan
apabila dia mati pada tahun itu maka dia seperti orang yang mati syahid."
Memperbanyak doa, zikir dan berselawat
kepada Rasulullah S.A.W.
Kita sebagai umat Islam juga
digalakkan untuk memperbanyak doa, zikir, dan berselawat kepada Rasulullah
S.A.W. Sabda Rasulullah S.A.W.: "Barangsiapa yang mengagungkan bulan
Sya’ban, bertaqwa kepada Allah, taat kepada-Nya serta menahan diri dari
perbuatan maksiat, maka Allah Taala mengampuni semua dosanya dan
menyelamatkannya di dalam tahun itu dari segala macam bencana dan
penyakit." (Dipetik dari kitab Zubdatul Wa'izhin)
BERTAUBAT
Kita juga digalakkan untuk melalukan
taubat kepada Allah SWT. Diriwayatkan dari Umamah Al Bahili Radiallahuanhu, dia
berkata: Rasulullah S.A.W. bersabda yang maksudnya: "Manakala masuk bulan
Sya’ban, sukacitalah dirimu dan perbaiki niatmu." Sabda Nabi s.a.w. :
Apabila masuk bulan Sya’ban, baikkanlah niatmu padanya, kerana kelebihan
Sya’ban atas segala bulan seperti kelebihanku atas kamu. Barangsiapa berpuasa
sehari pada bulan Sya’ban, diharamkan Allah tubuhnya dari api neraka. Dia akan
menjadi tauladan Nabi Allah Yusuf a.s.di dalam syurga. Diberi pahala oleh Allah
seperti pahala Nabi Allah Ayub a.s. dan Nabi Daud a.s. Jika dia sempurnakan
puasanya sebulan di bulan Sya’ban, dimudahkan Allah atasnya Sakaratulmaut dan
ditolakkan (terlepas) daripadanya kegelapan di dalam kubur, dilepaskan daripada
huru-hara Mungkar dan Nakir, ditutup Allah keaipannya di hari kiamat dan
diwajibkan syurga baginya. Barangsiapa berpuasa pada awal hari khamis pada
bulan Sya’ban dan akhir Khamis daripada Sya’ban, dimasukan dia ke dalam syurga.
(dari kitab Al-Barakah). Berkata Siti Aisyah r.a., bulan yang lebih dikasihi
oleh Rasululah s.a.w. ialah bulan Sya’ban.”
Sabda Nabi s.a.w.: “Sya’ban adalah
bulanku dan Ramadhan adalah bulan umatku. Sya’ban ialah mengkifaratkan
(menghapuskan) dosa dan Ramadhan ialah menyucikan dosa (jasmani rohani). Sabda
Nabi s.a.w.: “Bahwa puasa Syaba'an kerana membesarkan Ramadhan. Siapa yang
berpuasa tiga hari daripada bulan Sya’ban, kemudian dia bersalawat atasku
beberapa kali sebelum berbuka puasa maka di ampunkan oleh Allah dosanya yang
telah lalu, diberkatikan rezeki baginya” antara lain sabdanya lagi: “Bahwa
Allah Ta'ala membukakan pada bulan itu tiga ratus pintu rahmat”.
PERISTIWA PENTING DI BULAN SYA’BAN
Mengenali bulan
Sya’ban tanpa mengetahui peristiwa penting yang berlaku di bulan Sya’ban terasa
tidak lengkap. Terdapat beberapa peristiwa penting yang berlaku sepanjang bulan
Sya’ban. Antaranya ialah malam Nisfu Sya’ban, penukaran arah kiblat, dan
peperangan bani Mustaliq.
PERISTIWA
SEJARAH DI BULAN SYA’BAN
DAN
BEBERAPA KEISTIMEWAANNYA
(Disadur
dari buku “Maa dza Fii Sya’ban”
karya
Prof DR Muhammad bin Alwi Al Maliky)
1. Pemindahan Arah Qiblat dari Baitul
Maqdis ke Ka’bah
Hal ini ditegaskan oleh Allah dalam firman-Nya (QS Al
Baqarah : 144)
“Sungguh Kami melihat mukamu menengadah ke langit, maka
sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah
mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan dimana saja kamu berada, palingkanlah mukamu
ke arahnya. Dan sesungguhnya orang-orang yang diberi Al Kitab memang
mengetahui, bahwa berpaling ke Masjidil Haram itu adalah benar dari Tuhannya;
dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan.”
Penantian Rasulullah tidak sia-sia setelah beliau sering
menengadahkan wajah beliau ke langit berharap turunnya perintah peralihan arah
qiblat, Allah mengabulkan keinginan hati beliau. Berkata Sayidatuna Aisyah r.a.
: “Tidaklah aku memperhatikan Robb-mu terkecuali Dia bersegera memenuhi
kehendak hatimu.” (HR Bukhori)
2. Bulan Shalawat Nabi
Pada bulan ini Allah menitahkan firman-Nya : “Sesungguhnya
Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang
beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan
kepadanya.” (QS Al Ahzab:56)
Karenanya para ulama mengatakan bahwa sholawat adalah
ibadah yang paling afdhol karena tidak saja diperintahkan kepada kaum mukmin,
namun untuk itu Allah memberikan tauladannya. Banyak keutamaan-keutamaan yang
berkaitan dengan Sholawat Nabi ini yang tentunya seorang mukmin tidak akan
menyia-nyiakan tibanya Bulan Sya’ban ini dengan memperbanyak sholawat kepada
Rasulullah SAW.
3. Bulan Al-Qur’an
Berkata Syekh Ibn Rajab Al Hambaly kami meriwayatkan
dengan sanad dhoif dari Sahabat Anas r.a. yang berkata, “Jika telah tiba
bulan Sya’ban, kaum muslimin (pada masa beliau) menekuni mushaf mereka dan
membacanya. Mereka juga mengeluarkan zakat harta mereka sebagai dorongan moril
dan materiil terhadap kaum miskin dan papa agar mereka bisa berpuasa di bulan
Ramadhan.” Banyak para salaf jika telah tiba bulan Sya’ban mereka
meningkatkan pembacaan Al-Qur’an mereka seraya mengatakan, “Ini adalah bulan
para pembaca Al Qur’an.”
4. Bulan dimana Taqdir Usia
Ditampakkan
Ketika Sayidatuna Aisyah berkomentar tentang bulan Sya’ban
yang paling disukai oleh Rasulullah untuk berpuasa. Beliau SAW menjawab, “Sesungguhnya
Allah menentukan di bulan ini setiap jiwa yang akan meninggal di tahun
tersebut. Dan aku ingin jikalau ajal menjelang, dalam keadaan berpuasa.” (HR
Abu A’la)
5. Bulan Puasa Sunnah
Suatu ketika Rasulullah ditanya : puasa apa yang afdhol
setelah puasa Romadhon? “Puasa bulan Sya’ban untuk mengagungkan tibanya
Romadhon,” jawab Rasulullah SAW. Dan dari berbagai sumber diriwayatkan bahwa
Rasulullah SAW banyak berpuasa di bulan Sya’ban bahkan terkadang berpuasa satu
bulan penuh.
6. Malam Nisyfu Sya’ban
Pada malam yang penuh kemuliaan dan keberkahan ini, Allah
membentangkan hamparan ampunan dan rahmatnya secara merata. Hingga Dia berkenan
mengampunkan para pendosa yang mengharapkan ampunan, mengasihi mereka yang
berharap kasih sayang memenuhi permohonan orang-orang yang berdoa. Banyak
hadits-hadits yang berkaitan dengan keutamaan malam itu. Yang pada intinya
mengisyaratkan betapa besar perhatian Allah terhadap hamba-hamba-Nya yang
dicurahkan pada malam tersebut hingga berkenan mengampunkan semua makhluk-Nya
terkecuali orang yang musyrik dan orang yang menumbuhkan rasa permusuhan)
mengenai status hadits-haditsnya, telah dikupas secara panjang lebar oleh
pengarang dalam bukunya tersebut, bisa ditelaah kembali bagi yang berminat).
Pada malam tersebut para salaf umumnya menganjurkan keluarga dan murid-muridnya
berkumpul untuk berdoa dan menghidupkan malam tersebut dengan berbagai kegiatan
yang bernuansa ibadah.
Berdoa di Bulan Sya`ban
Malam Nishfu
Sya`ban pada khususnya dan bulan Sya`ban pada umumnya merupakan kesempatan
yang besar dan waktu yang mulia untuk beribadah. Malam tersebut adalah waktu
mulia yang penuh keberkahan, ketika seorang muslim harus memperbanyak berbagai kebaikan
dan kebajikan.
Doa termasuk
pintu kelapangan yang terpenting dan merupakan kunci kebutuhan, tempat berlindung orang yang tengah dilanda kesulitan, dan jalan keluar orang yang terdesak kebutuhan. Allah memerintahkan hamba-Nya untuk berdoa, "Berdoalah
kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut." (QS
AI-Ghafir: 60).
Rasulullah SAW telah memberi kabar gembira kepada seorang
laki-laki yang diberikan kemampuan untuk berdoa bahwa ia termasuk orang yang dirahmati. Rasulullah SAW bersabda,
"Barang siapa di antara kalian
dibukakan pintu doa, berarti dibukakan pula pintu-pintu rahmat. Dan tidak ada permintaan yang lebih disukai Allah kecuali kesehatan." (HR At-Tirmidzi dan AI-Hakim).
Rasulullah SAW juga bersabda, "Doa adalah senjata orang mukmin, pilar-pilar agama, serta cahaya langit dan bumi." Hadits ini
diriwayatkan oleh Al-Hakim; dan ia menyatakan, hadis ini sanadnya shahih.
Rasulullah SAW bersabda,
"Maukah aku tunjukkan sesuatu yang
dapat menyelamatkan kalian dan musuh dan melancarkan rezeki kalian? Berdoalah kepada Allah siang dan malam.
Karena, doa adalah senjata orang mukmin." (HR Abu Yas la).
Dalam hadits lain disebutkan, "Sesungguhnya Allah Maha Hidup dan Maha Mulia.Dia `malu' jika ada seseorang yang mengangkat tangannya berdoa, lalu ditolak dengan
tangan kosong tanpa harapan." Hadits
ini diriwayatkan oleh Abu Daud,
At-Tirmidzi (yang menganggapnya
hasan), Ibn Majah, dan Ibn Hibban
dalam Shahihnya. Juga
diriwayatkan oleh Al-Hakim, ia
mengatakan, "Hadits ini shahih dengan persyaratan Al-Bukhari dan Muslim."
Rasulullah SAW menjelaskan cara agar
doa diterima. Beliau juga menegaskan, semua
hasil doa itu baik untuk orang yang berdoa, baik diketahui
maupun tidak. Artinya, terkadang ia mendapatkan hasilnya segera, dan terkadang ditunda. Rasulullah SAW menjelaskan dengan terperinci dalam sabdanya, "Setiap doa seorang muslim yang tidak mengandung dosa dan memutuskan silaturahmi, pasti Allah berikan kepadanya salah satu dari tiga hal: disegerakan pengabulannya, ditunda sebagai simpanan di hari kiamat, atau diganti
dengan dipalingkan dari keburukan yang
setara."
Para sahabat bertanya, "Bagaimana jika kami memperbanyaknya?" Rasulullah SAW bersabda, "Allah mempunyai lebih banyak lagi.” Hadits
tersebut diriwayatkan Ahmad, Al-Bazzar, dan
Abu Ya'la.
Rasulullah SAW
memberitahukan, doa dapat menolak serangan malapetaka dan meringankan ketentuan Allah dengan ketentuan-Nya pula.
Nabi SAW juga menjelaskan,agar doa diterima, kita mesti memintanya dengan terus-menerus dan merutinkan berdoa dalam setiap waktu, bukan hanya ketika dalam keadaan sulit. Beliau mengatakan, "Barang siapa ingin dipenuhi permintaannya oleh Allah di saat-saat dalam kesulitan, hendaklah ia banyak berdoa di saat-saat senang." Hadits itu diriwayatkan At-Tirmidzi dan Al-Hakim. Keduanya mengatakan, hadits tersebut sanadnya shahih, Rasulullah SAW juga bersabda, "Tidak ada yang lebih mulia di sisi Allah daripada doa yang dipanjatkan dalam keadaan senang." Demikian hadits yang diriwayatkan At-Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban dalam Shahih-nya, dan Al-Hakim.
Doa termasuk
sebab terkuat untuk menolak hal-hal yang tidak
disenangi. la adalah musuh bagi bencana. Doa dapat mencegah turunnya bencana dan dapat menghilangkan atau meringankannya jika bencana telah turun.
Dalam hubungannya dengan bencana,
ada tiga kedudukan doa: Pertama, doa lebih
kuat daripada bencana, sehingga
dapat menolaknya. Kedua, doa lebih
lemah daripada musibah, sehingga
seseorang terkena bencana itu, tetapi
telah diringankan sekalipun sedikit.
Ketiga, doa dan bencana saling berhadapan,
satu sama lain saling mencegah,
tetapi bencana itu tetap ada pengaruhnya.
Mengapa demikian? Adakalanya, karena doa itu sendiri seperti doa yang tidak disukai Allah, sebab mengandung permusuhan. Mungkin pula karena hati orang yang berdoa itu lemah dan tidak benar-benar menghadap kepada Allah. Seperti busur yang sangat lemah, maka anak panah yang keluar dari busur yang lemah akan lemah pula.
Mungkin pula ada penghalang diterimanya doa, seperti makan
sesuatu yang haram. Atau karena lalai dan
lupa, sebagaimana disebutkan dalam Al-Mustadrak,
karya Al-Hakim dan hadits Abu
Hurairah, ia berkata, "Rasulullah SAW bersabda, 'Berdoalah kepada Allah dengan keyakinan akan diterima; dan ketahuilah, Allah tidak menerima doa dan hati yang lalai dan lengah'."
Doa-doa Nishfu Sya'ban
Di
antara siang-malamnya bulan Sya`ban, malam
Nishfu Sya`ban, malam pertengahan, yakni tanggal 15, adalah malam yang termulia. Bahkan, dalam setahun, ia dianggap malam termulia setelah Lailatul Qadar. Karena itu, ibadah dan doa di malam Nishfu Sya`ban
lebih utama dibanding malam-malam lainnya.
Banyak doa yang
disusun para ulama yang sangat balk untuk dibaca pada malam tersebut. Di
antaranya yang akan disampaikan berikut ini.
Di awal waktu sesudah shalat Maghrib,
hendaknya kita membaca surah Ya-Sin tiga
kali. Pembacaan pertama, diniatkan
mohon dipanjangkan umur dalam berbuat
ibadah. Kedua, dengan niat minta
dipelihara dan bencana, disembuhkan
dan penyakit, dan diluaskan rezeki
yang halal. Dan ketiga; dengan niat
minta kaya hati dan segala makhluk (tidak butuh kepada makhluk) dan memohon husnul khatimah. Setiap selesai membaca surah Ya-Sin dibaca salah satu doa nisfu sya’ban di bawah ini, satu
kali. Tetapi bisa juga pelaksanaannya disertai melaksanakan sholat sunnah dua
rakaat terlebih dahulu setiap hendak membaca surah Yasin sebanyak tiga kali
tersebut. Secara rinci tata caranya akan dijelaskan seperti berikut. Karena
ibadah ini adalah sunnah maka pelaksanaannya disesuaikan situasi dan
kondisinya, boleh dengan sholat sunnah maupun tanpanya. Baik dengan sholat
sunnah membaca pada raka'at pertama setelah al-Fatihah membaca surah al-Kafirun
kemudian raka'at kedua setelah al-Fatihah membaca surah al-ikhlas,
atau dengan tata cara yang diterangkan di bawah ;
Yang terpenting
adalah seperti yang sudah disampaikan diatas pada malam yang penuh
kemuliaan dan keberkahan ini, Allah ‘azza wa Jalla membentangkan hamparan
ampunan dan rahmatnya secara merata, sehingga seyogyannya pada malam tersebut,
para salaf shalihin umumnya, sangat menganjurkan keluarga dan murid-muridnya
berkumpul bersama, untuk berdoa dan menghidupkan malam tersebut dengan berbagai
kegiatan yang bernuansa ibadah.
Amalan Doa Nifsu Sya'ban
Pada
malam Selasa 15 Sya'ban 1319 H, Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi.ra penyusun
Maulud Simthud Dhuror berkata kepada Sayid Abdullah bin Abubakar Alatas, putera
dari guru utamanya Al-Quthb Ghauts Al-Arifbillah Abu Bakar bin Abdullah
Al-Aththas.ra, "Dahulu setiap malam Nishfu Sya'ban, Habib Abubakar
mengerjakan salat sunah 6 rakaat. Pada setiap rakaat setelah AI-Fatihah, beliau
membaca Surat Al-Ikhlas sebanyak 6 kali. Setiap kali selesai mengerjakan salat
dua rakaat beliau membaca fatihah dan Yasin kemudian dilanjutkan dengan doa
Nishfu Sya'ban. Aku juga melakukan salat ini dengan cara yang sama." Habib
Abdullah berkata, "Aku ingin mengerjakan salat bersamamu." Setelah
shof-shof diluruskan, Habih Abdullah bertanya, "Bagaimana
niatnya?"
Habib Ali berkata, "Ucapkanlah:
Usholli rok’ataini
lillaahi ta’aalaa
Aku niat salat dua rakaat
karena Allah Ta'ala.
Namun jika kalian
meniatkan sebagai salat Sunah Awwabin akan lebih utama; ushollii rok-ataini
min sunnatil awwaabiin lillaahi ta'aalaa.
Pada setiap rakaat setelah Al-Fatihah, membaca Surat
Al-Ikhlas sebanyak 6 kali. Setiap kali selesai mengerjakan salat dua rakaat
lalu membaca fatihah dan Yasin kemudian dilanjutkan dengan doa Nishfu Sya'ban
seperti dibawah ini ;
Habib Ali kemudian mengimami kami. Setelah mengucapkan
salam dari dua rakaat pertama beliau menghadap kepada kami, lalu mengucapkan:
Al-Fatihah wa Yaasin biniyyati
thuwlil ‘umri ma’al tawfiiqi liththa’ati
Al-Fatihah dan Yasin dengan niat agar Allah memanjangkan
umur dan memberi kita taufik hidayah untuk taat kepada-Nya.
Setelah membaca (Fatihah dan Yasin) beliau menuntun kami
membaca doa Nishfu Syaban untuk dibaca bersama-sama, diawali
basmalah hamdalah dan shalawat yang berbunyi:
Bismillahir-rohmaanir-rahiim.
Alhamdulillahir-rabbil-‘alaamin.
Washallalahu ‘ala
Sayyidina Muhammadin wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wasallam
Allahumma ya dzal-manni wa la yumannu ya dzal-jalali walikram, ya
dzath-thauli wal-in’am, lailaha illa anta
zhahral-lajina wa jaral-mustajirina wa ma' manal-kha’ifin. Allahumma in
kunta katabtana ‘indaka fi ummil-kitabi asyqiya'a au mahrumina au muqtaran
'alaina fir-rizqi famhullahumma bifadhlika
syaqawatana wa hirmanana wa iqtara
arzaqina wa atsbitna ‘indaka fi ummil kitabi su'ada'a marzuqina muwaffaqi-na lil-khairat. Fainnaka qulta wa qaulukal-haqqu fi
kitabikal-munzali ‘ala lisani nabiyyikal-mursal, yamhullahu ma yasya'u wa
yutsbitu wa ‘indahu ummul-kitab. Ilahana bit-tajallil-a`zhami fi
lailatin-nishfi min syahri sya’banal-mukarram allati yufraqu fiha kullu amrin hakimin wa yubram nas'aluka an taksyifa
'anna minal-bala’i ma na’lamu wa ma la na’lam,
wa ma anta bihi a’lam. Innaka antal-a'azzul-akram.
Wa shallallahu ‘ala sayyidina
Muhammadin wa 'ala alihi washahbihi
wa sallam, wal hamdulillahi rabbil ‘alaamin.
Ya Allah, yang memiliki anugerah dan
tidak dianugerahi, yang memiliki kebesaran dan kemuliaan, yang memiliki karunia
dan kenikmatan, tiada Tuhan melainkan Engkau, Engkau-lah tempat berlindung,
tempat memohonkan pertolongan, dan tempat aman hagi orang yang ketakutan. Ya
Allah, jika telah Engkau tuliskan nasibku dalann Ummul kitab sebagai orang yang
sengsara, atau orang yang diharamkan rnendapat kenikmatan, atau orang yang
ditolak, atau orang yang disempilkan rezekinya, maka demi kemurahan-Mu,
hapuskanlah ya Allah, kesengsaraanku, keterhalanganku dari nikmat,
ketertolakkanku, dan kesempitan rezekiku. Kemudian tetapkanlah aku di dalam
Urmnul Kitab yang ada di sisi-Mu sebagai orang yang bahagia, rnendapat rezeki
cukup, memperoleh taufiq untuk melakukan segala kebaikan. Sesungguhnya Engkau
telah berfirman dan firman-Mu lah yang benar, di dalam kitab-Mu yang diturunkan
kepada Nabi-Mu yang diutus, yaitu, "Allah (berkuasa untuk) menghapus
dan menetapkan yang dikehendaki-Nya, dan di sisi-Nya Ummul kitab". Ya
Allah, dengan tajalli-Mu yang Mahu agung pada malam Nisfu Sya'ban yang mulia
ini, yang di dalamnya dipisahkan dan dikukuhkan semua persoalan penting, aku
mohon agar dihindarkan dari malapetaka yang aku ketahui, atau yang tidak aku
ketahui, atau yang lebih Engkau cintai, sesungguhnya Engkau Maha Luhur dan
Mulia. Semoga sholawat dan salam dilimpahkan kepada Nabi Muhammad, keluarga dan
sahabatnya, dan segenap puji bagi-Mu ya Allah, Pemelihara sekalian alam.
Beliau lalu memimpin salat dua rakaat lagi. Setelah salam
beliau mengucapkan:
al-faatihah wa yaa siin biniyyatil
hifzh wal 'ishmati minal aafaat wal 'aahaat, wa biniyyatis sa’ati fiir-rizqi
zh-zhahiri wal baathini
Al-Fatihah dan Yasin
dengan niat agar Allah melindungi kita dari segala bencana dan penyakit juga
dengan niat agar Allah melapangkan rezeki: lahir mapun batin.
Setelah selesai membaca (Fatihah dan
Yasin), beliau menuntun kami membaca doa Nishfu Sya'ban lagi. Setelah itu
beliau memimpin kami untuk salat dua rakaat lagi yang ketiga. Setelah salam
beliau mengucapkan:
al-faatihah wa yaa siin
biniyyatil ghinaa`al-qolbi wa husnul khootimah.
Al-Fatihah dan Yasin
dengan niat agar Allah menjadikan hati kita kaya dan mengakhiri usia kita
husnul khotimah.
Setelah selesai membaca (Fatihah dan
Yasin) beliau menuntun kami membaca doa Nishfu Sya'ban.
Selain itu bisa pula dibaca doa yang
pendek berikut ini:
Alláhumma innaka `afuwwun
karimun tubibbul-'afwa fa’fu anni. AIlahuumma inni as'alukal-afwa wal ‘afiyata
wal-mu’afátad-da’imata fid-dini wad-dunya
wal-akhirah.
(Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha
Pengampun dan Mahamulia, Engkau suka mengampuni. Maka ampunilah aku.Ya Allah, aku mohon ampunan dan afiat, serta perlindungan
yang tetap dalam urusan agama, dunia, dan akhirat.)
sedangkan para warga NU banyak mengamalkan dengan tata
cara sebagai berikut ;
Sya’ban adalah salah satu bulan istimewa, bulan yang
dihormati dalam agama Islam, selain Muharram, Dzulhijjah dan Rajab. Lebih utama
lagi pada malam ke lima belas, yang dikenal dengan nama malam Nisfu
Sya’ban.
Sebagaimana dijelaskan dalam hadits
shahih dari Mu‘az bin Jabal Radhiallahu ‘anhu, bahwa pada malam ini “Allah
menjenguk datang kepada semua makhlukNya di Malam Nishfu Sya‘ban, maka diampuni
segala dosa makhlukNya kecuali orang yang menyekutukan Allah dan orang yang
bermusuhan.” (HR. Ibnu Majah, at-Thabrani dan Ibnu Hibban).
Begitu juga hadits riwayat Aisyah
r.a.
عن عائشة بنت أبي بكر قالت: « قام رسول الله من الليل يصلي، فأطال السجود حتى ظننت أنه قد قبض، فلما رأيت ذلك قمت حتى حركت إبهامه فتحرك فرجعت، فلما رفع إلي رأسه من السجود وفرغ من صلاته، قال: يا عائشة أظننت أن النبي قد خاس بك؟، قلت: لا والله يا رسول الله، ولكنني ظننت أنك قبضت لطول سجودك، فقال: أتدرين أي ليلة هذه؟ قلت: الله ورسوله أعلم، قال: هذه ليلة النصف من شعبان، إن الله عز وجل يطلع على عباده في ليلة النصف من شعبان، فيغفر للمستغفرين، ويرحم المسترحمين، ويؤخر أهل الحقد كما هم »
Dari Aisyah radhiyallahu anha berkata
bahwa Rasulullah SAW bangun pada malam dan melakukan shalat serta memperlama
sujud, sehingga aku menyangka beliau telah diambil. karena curiga maka aku gerakkan
telunjuk beliau dan ternyata masih bergerak. Ketika beliau mengangkat kepalanya
dari sujud dan selesai dari shalatnya, beliau berkata, “Wahai Asiyah, (atau
Wahai Humaira’), apakah kamu menyangka bahwa Rasulullah tidak memberikan hakmu
kepadamu?”Aku menjawab, “Tidak ya Rasulallah, namun Aku menyangka bahwa Anda
telah dipanggil Allah karena sujud Anda lama sekali.” Rasulullah SAW bersabda,
“Tahukah kamu malam apa ini?” Aku menjawab, “Allah dan rasul-Nya lebih
mengetahui.”Beliau bersabda, “Ini adalah malam nisfu sya’ban (pertengahan bulan
sya’ban). Dan Allah muncul kepada hamba-hamba-Nya di malam nisfu sya’ban dan
mengampuni orang yang minta ampun, mengasihi orang yang minta dikasihi, namun
menunda orang yang hasud sebagaimana perilaku mereka.” (HR Al-Baihaqi)
Begitulah kemurahan Allah swt yang
diberikan kepada hambanya di malam Nisfu Sya’ban. Sehingga dalam kesempatan
lain Aisyah meriwayatkan hadits lagi dengan banyaknya pengampunan itu semisal
bulu kambing Bani Kalb
عن عائشة بنت أبي بكر قالت: «قال رسول الله : "إن الله ينزل ليلة النصف من شعبان إلى السماء الدنيا، فيغفر لأكثر من عدد شعر غنم كلب"
Sesungguhnya Allah ‘Azza Wajalla
turun ke langit dunia pada malam nisfu sya’ban dan mengampuni lebih banyak dari
jumlah bulu pada kambing Bani Kalb (salah satu kabilah yang punya banyak
kambing). (HR At-Tabarani dan Ahmad)
Demikianlah hendaknya kesempatan ini
tidak disia-siakan. Seorang muslim yang bijak tentunya akan memanfaatkan malam
Nisfu Sya’ban sebaik-baiknya, dengan sebaik-baiknya memohon pengampunan dan melaksanakan
amal kebaikan sebanyak-banyaknya. Demikian hadits riwayat Ali bin Abi Thalib
menegaskan
عن علي بن أبي طالب قال: «قال رسول الله : "إذا كان ليلة النصف من شعبان فقوموا ليلها وصوموا نهارها فإن الله ينزل فيها إلى سماء الدنيا فيقول ألا من مستغفر فأغفر له ، ألا من مسترزق فأرزقه ألا من مبتلى فأعافيه ألا كذا ألا كذا حتى يطلع الفجر
Dalam hadis Ali, Rasulullah bersabda:
"Malam nisfu Sya'ban, maka hidupkanlah dengan salat dan puasalah pada
siang harinya, sesungguhnya Allah turun ke langit dunia pada malam itu, lalu
Allah bersabda: "Orang yang meminta ampunan akan Aku ampuni, orang yang
meminta rizqi akan Aku beri dia rizqi, orang-orang yang mendapatkan cobaan maka
aku bebaskan, hingga fajar menyingsing." (H.R. Ibnu Majah dengan sanad
lemah).
Amalan Malam Nisfu Sya’ban
Berbagai amalan malam Nisfu Sya’ban
dapat dimulai setelah sholat maghrib. Berpegang pada hadits Rasulullah saw,
sebaiknya ibadah malam Nisfu Sya’ban ini dilakukan secara individual (tidak
berjama’ah). Namun juga tidak ada pelarangan jika dilakukan secara berjama’ah.
Dengan didahului shalat sunnah dua rakaat yang niatnya adalah
أصلى سنة نصف شعبان ركعتين لله تعالى
Artinya:
Aku niat shalat sunat nisfu sya’ban 2
rakaat sebagai karena Allah Ta’ala.
Bilangan shalat sunnah Nisfu Sya’ban
adalah 2 rakaat dengan 1 kali salam. Pada rakaat pertama setelah Al-Fatihah
membaca surat Al-Kafirun. Sedangkan pada rakaat setelah Al-Fatihah membaca
surat Al-Ikhlas.
Dalam Ihya’ Ulumiddin, Imam Ghazali
memberikan petunjuk agar dalam setiap rekaatnya setelah membaca fatihah
hendaknya membaca surat al-Ikhlas sebelas kali. Atau dapat juga shalat sepuluh
rakaat disetiap rakaatnya membaca Fatihah dan membaca al-Ikhlas seratus kali.
Shalat ini disebut juga shalat al-khair, hal ini berdasar pada apa yang
dilakukan oleh para ulama terdahulu.
Setelah shalat sunnah dua rekaat
biasanya dilanjutkan dengan membaca surat yasin tiga kali yang dan ditutup
dengan do’a malam Nisyfu Sya’ban di bawah ini
اَللَّهُمَّ يَا ذَا الْمَنِّ وَ لا يَمُنُّ عَلَيْكَ يَا ذَا اْلجَلاَلِ وَ اْلاِكْرَامِ ياَ ذَا الطَّوْلِ وَ اْلاِنْعَامِ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ ظَهْرَ اللاَّجِيْنَ وَجَارَ الْمُسْتَجِيْرِيْنَ وَ اَمَانَ اْلخَائِفِيْنَ . اَللَّهُمَّ اِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِى عِنْدَكَ فِيْ اُمِّ اْلكِتَابِ شَقِيًّا اَوْ مَحْرُوْمًا اَوْ مَطْرُوْدًا اَوْ مُقْتَرًّا عَلَىَّ فِى الرِّزْقِ فَامْحُ اللَّهُمَّ بِفَضْلِكَ فِيْ اُمِّ اْلكِتَابِ شَقَاوَتِي وَ حِرْمَانِي وَ طَرْدِي وَ اِقْتَارَ رِزْقِي وَ اَثْبِتْنِىْ عِنْدَكَ فِي اُمِّ اْلكِتَابِ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَ قَوْلُكَ اْلحَقُّ فِى كِتَابِكَ الْمُنْزَلِ عَلَى نَبِيِّكَ الْمُرْسَلِ يَمْحُو اللهُ مَا يَشَاءُ وَ يُثْبِتُ وَ عِنْدَهُ اُمُّ اْلكِتَابِ. اِلهِيْ بِالتَّجَلِّى اْلاَعْظَمِ فِي لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَهْرِ شَعْبَانَ الْمُكَرَّمِ الَّتِيْ يُفْرَقُ فِيْهَا كُلُّ اَمْرٍ حَكِيْمٍ وَ يُبْرَمُ اِصْرِفْ عَنِّيْ مِنَ اْلبَلاَءِ مَا اَعْلَمُ وَ مَا لا اَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ اْلغُيُوْبِ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَ صَحْبِهِ وَ سَلَّمَ . اَمِيْنَ
Artinya:
Ya
Allah, Dzat Pemilik anugrah, bukan penerima anugrah. Wahai Dzat yang memiliki
keagungan dan kemuliaan. Wahai dzat yang memiliki kekuasaan dan kenikmatan.
Tiada Tuhan selain Engkau: Engkaulah penolong para pengungsi, pelindung para pencari
perlindungan, pemberi keamanan bagi yang ketakutan. Ya Allah, jika Engkau telah
menulis aku di sisiMu di dalam Ummul Kitab sebagai orang yang celaka atau
terhalang atau tertolak atau sempit rezeki, maka hapuskanlah, wahai Allah,
dengan anugrahMu, dari Ummul Kitab akan celakaku, terhalangku, tertolakku dan
kesempitanku dalam rezeki, dan tetapkanlah aku di sisimu, dalam Ummul Kitab,
sebagai orang yang beruntung, luas rezeki dan memperoleh taufik dalam melakukan
kebajikan. Sunguh Engkau telah berfirman dan firman-Mu pasti benar, di dalam
Kitab Suci-Mu yang telah Engkau turunkan dengan lisan nabi-Mu yang terutus:
“Allah menghapus apa yang dikehendaki dan menetapkan apa yang dikehendakiNya
dan di sisi Allah terdapat Ummul Kitab.” Wahai Tuhanku, demi keagungan yang
tampak di malam pertengahan bulan Sya’ban nan mulia, saat dipisahkan
(dijelaskan, dirinci) segala urusan yang ditetapkan dan yang dihapuskan,
hapuskanlah dariku bencana, baik yang kuketahui maupun yang tidak kuketahui.
Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala sesuatu yang tersembunyi, demi RahmatMu
wahai Tuhan Yang Maha Mengasihi. Semoga Allah melimpahkan solawat dan salam
kepada junjungan kami Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabat beliau.
Amin.
Demikianlah keutamaan dan kelebihan malam Nishfu Sya’ban,
marilah kita manfaatkan malam yang mulia ini untuk mendekatkan diri dan memohon
sebanyak-banyaknya kepada Allah.
=====000=====
Tidak ada komentar:
Posting Komentar